Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Sunday 17 April 2011

SAS (Special Air Service) - Inggris

 Logo SAS

 Resimen Special Air Service (SAS) adalah sebuah unit pasukan khusus di dalam Angkatan Darat Inggris yang telah menjadi model dan inspirasi bagi berbagai pasukan khusus di negara-negara lain. 

History
Sejarah Special Air Service (SAS) Resimen berawal tahun 1940-an ketika David Stirling membentuk unit pelayanan khusus yang bernama L Detasemen, Brigade Udara Pelayanan Khusus.

 Kolonel Archibald David Stirling
adalah pendiri SAS
Landasan unit ini (namanya sengaja dipilih untuk menyamarkan dan membuat pasukan Axis berpikir bahwa itu adalah sebuah brigade pasukan payung di Afrika Utara). Pada 1 Juli 1941 dianggap sebagai tanggal pembentukan Resimen SAS meskipun dibubarkan setelah akhir perang dunia II.

Kolonel David Stirling dengan Jeep SAS

Detasemen L, Air Brigade Pelayanan Khusus yang diperintahkan oleh Stirling didirikan sebagai unit komando yang akan beroperasi di belakang garis pertahanan Jerman di Afrika Utara. 



Misi pertama dari unit selama Operasi Tentara Salib di Mesir dan Libya di 1941-an, bagaimanapun, adalah kegagalan dan sekitar sepertiga dari unit dibunuh atau ditangkap oleh Jerman. Namun misi kedua beberapa bulan kemudian sukses. Didukung oleh Kelompok Long Range Desert (LRDG), unit melakukan serangan di lapangan udara Axis di Libya di mana mereka menghancurkan sejumlah besar pesawat tanpa kehilangan seorang pun.

                                                                          Baret SAS

Pada bulan September 1942, Detasemen L, Air Brigade Pelayanan Khusus dinamai sebagai 1st SAS Resimen yang selain empat skuadron Inggris juga terdiri dari Bagian Special Boat (SBS) dan satu Yunani dan satu skuadron Perancis Merdeka.  


Unit terus beroperasi di Afrika Utara tetapi juga melakukan beberapa tindakan di Yunani. Pada awal 1943, pendiri dan komandan unit, Stirling ditangkap oleh Jerman di Libya. Dia menghabiskan sisa perang di penjara Jerman dan digantikan oleh Paddy Mayne sebagai komandan SAS 1.


Unit, bagaimanapun, segera sesudahnya direorganisasi ke Skuadron meyerang khusus di bawah komando Mayne dan Skuadron Special Boat yang diperintahkan oleh George Jellicoe. Unit Mayne itu digunakan untuk operasi di Sisilia dan Italia bersama dengan SAS 2 yang didirikan di Afrika Utara pada tahun yang sama, sedangkan Skuadron Boat khusus digunakan untuk operasi di Dodecanese dan Kepulauan Aegean. 



Pada tahun 1944, SAS 1 dan 2, SAS 5th Belgia dan Perancis 3 dan 4 SAS bergabung ke dalam Brigade SAS yang beroperasi di belakang garis musuh di Perancis dan operasi dilakukan selama mendukung kemajuan Sekutu terhadap Jerman.Brigade SAS dibubarkan tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. 

Tapi kurang dari satu tahun setelah pembubaran tersebut, pemerintah Inggris menetapkan bahwa negara itu membutuhkan unit komando seperti Brigade SAS dan memutuskan untuk menaikkan baru SAS Resimen sebagai bagian dari Tentara Nasional.  


SAS baru resimen secara resmi didirikan pada tanggal 1 Januari 1947 dan pindah ke markas Artists Rifles ini di Dukes Road, Euston.

 

Segera, bagaimanapun, kebutuhan untuk Reguler Angkatan Darat SAS resimen terjadi. Pada tahun 1952, Skuadron B, juga dikenal sebagai Tentara Malaya diganti namanya menjadi Resimen SAS 22 dan secara resmi ditambahkan ke daftar tentara Inggris. Pada tahun 1959, sepertiga - 23 SAS Resimen diciptakan sebagai bagian dari Tentara Nasional.

Organisasi  Dan Rekrutmen Resimen SAS
Sama seperti pasukan khusus lainnya, Resimen SAS dikelilingi oleh banyak misteri karena sedikit informasi yang tersedia untuk umum. Organisasi Resimen SAS dan rekrutmen, bagaimanapun, adalah bukan rahasia.



Resimen SAS sebenarnya terdiri dari tiga resimen - 
  1. 21 SAS Resimen, 
  2. 22 Resimen SAS 
  3. dan SAS 23 Resimen.  
Resimen ke-21 dan 22 merupakan bagian dari cadangan Angkatan Darat Nasional, sedangkan SAS 22 Resimen adalah pada daftar Angkatan Darat Inggris Reguler.


Ini terdiri dari empat skuadron yang dikenal sebagai A, B, D dan G, yang masing-masing terdiri dari sekitar 60 orang yang diperintahkan oleh seorang mayor. Setiap skuadron dibagi lagi menjadi empat tentara dan bagian markas kecil. Satu pasukan terdiri dari 16 laki-laki dan satu patroli dari empat orang dengan masing-masing dari mereka memiliki keahlian khusus (selain yang dipelajari selama proses pelatihan) seperti pembongkaran, sinyal, ahli linguistik atau medisEmpat tentara yang membentuk satu skuadron, di sisi lain, mengkhususkan diri dalam empat bidang operasional yang berbeda.



Seperti namanya, pasukan ini khusus ke layanan udara. Pasukan udara adalah spesialis dalam teknik terjun payung yang berbeda termasuk jatuh bebas terjun payung, HALO (High Altitude-Low Opening) dan HAHO (High Altitude-High Opening).  


Boat pasukan, dilatih keterampilan maritim termasuk scuba diving dan perahu karet kaku-dikuliti. Mereka berlatih dengan Layanan Perahu Khusus. Gunung pasukan. Pasukan ini adalah khusus dalam pertempuran dan teknik bertahan di lingkungan Arktik. Mobilitas pasukan. Dalam bertentangan dengan pasukan gunung, pasukan ini adalah khusus dalam pertempuran gurun tetapi laki-laki juga ahli dalam mekanik motor dan dapat memperbaiki semua jenis kendaraan di lapangan.


Setiap skuadron Resimen SAS 22 juga dilatih dalam anti-pembajakan dan kontra-terorisme sejak tahun 1975 ketika pemerintah Inggris mendirikan SAS Kontra Revolusioner Warfare (CRW) sayap atau tim proyek khusus untuk menghadapi serangan teroris potensial seperti Pembantaian Munich pada tahun 1972 Olimpiade. Para skuadron memutar dalam anti-pembajakan dan kontra-terorisme yang meliputi pelatihan penyelamatan sandera, teknik sniper, melanggar pengepungan, dll dengan skuadron masing-masing melalui pelatihan setiap 16 bulan.
 Orang-orang yang membentuk SAS Resimen 22 yang direkrut dari pasukan Inggris bersenjata namun sebagian besar dari mereka berasal dari pasukan udara.


Pemilihan ini diadakan dua kali per tahun di musim panas dan musim dingin di Sennybridge di Brecon Beacons.

Sekitar 200 kandidat harus melalui proses seleksi lima-minggu yang panjang yang melibatkan Fitness Test Pribadi, Combat Uji Kebugaran, bukit fase berakhir dengan Dance Fan disebut - a long march 14 kilometer dengan peralatan penuh atas 2.907 kaki Pen Fan Y tinggi (puncak tertinggi di South Wales) yang meliputi berjalan 4 mil dalam 30 menit dan berenang dua mil dalam 90 menit pada akhir Dance Fan, hutan fase, latihan survival tempur termasuk melarikan diri dan penghindaran, dan ketahanan terhadap interogasi yang berlangsung 36 jam . Hanya sekitar 30 kandidat berhasil menyelesaikan semua latihan dan tes.




Proses seleksi untuk resimen SAS 21 dan 23 kurang menantang, namun, para kandidat harus memenuhi persyaratan tertentu untuk dapat menjadi anggota salah satu dari dua resimen cadangan.

Catatan SAS
Berbeda dengan angkatan bersenjata (AB) lain, SAS adalah sintesis AB Inggris, resimen ini tidak mempunyai jajaran perwira dan personil, mereka dipinjam dari unit-unit AB lain untuk masa tugas 3 (tiga) tahun kemudian dikembalikan ke unit asalnya. 

  Selama bertugas di SAS, catatan riwayat diri mereka dibiarkan kosong dan mereka diminta untuk tidak membicarakan setiap pengalaman tugas mereka.



Ada 6 tahapan sebelum resmi menjadi anggota resimen SAS.
Tahapan seleksi bagi tentara reguler yang ingin menjadi anggota resimen SAS merupakan proses yang rumit dan memakan waktu.
Tahap I dimulai dari 10 hari latihan kebugaran dan membaca peta – mereka dibagi dalam grup-grup per-20 orang - kemudian dilanjutkan dengan gerak jalan lintas alam selama 10 hari, sendirian.

Tahap II, anggota SAS melakukan gerak jalan ketahanan sejauh 40 mil (64 km) dengan membawa beban seberat 25 kg yang harus diselesaikan dalam waktu 24 jam. Seusai tahap ini, mereka yang tidak cocok akan dikembalikan ke unit asal.

Tahap III adalah latihan lanjutan selama 14 minggu, mereka masih dites fisik dan kemampuan mereka sebagai prajurit SAS.

Sejak didirikan sampai sekarang, SAS telah berperan di berbagai panggung konflik dunia, termasuk pada saat konfrontasi Indonesia-Malaysia tahun 60-an.  Menurut SAS, mereka juga kerepotan menghadapi tentara Indonesia, yang sangat mahir menggunakan taktik perang rimba serta pantang menyerah

Tahap IV, mereka menjalani kursus standar terjun payung bagi prajurit AD.

Tahap V, latihan penyelamatan dalam perang, termasuk latihan melarikan diri serta mempelajari metode interogasi. Pada tahap ini terjadi penyerahan baret baru dan badge, sebagai tanda diterima di resimen.


Tahap VI, di sini latihan ditekankan pada spesialisasi kemahiran dasar gerilya, yaitu morse, linguistik, kedokteran lapangan, penggunaan bahan peledak, menembak dengan pistol. Serta dikombinasikan dengan keterampilan perkapalan, pendakian, pengemudian jarak jauh Land Rover atau terjun payung bebas.

Penugasan pertama dalam resimen berlangsung 3 tahun, bila masih fit dapat diperpanjang selama 3 tahun berikutnya dan demikian seterusnya.

Senjata Standar Operasi Tempur
Pasukan khusus ini mempunyai berbagai pilhan senjata dalam operasi tempur dari berbagai jenis senjata baik pistol, senjata serbu jarak dekat, senjata serbu jarak jauh, senjata sniper, shotgun, dan lainnya.

Adapun penjelasan senjata tersebut dapat dilihat di Senjata Standar SAS. 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/SpecialAirService

No comments: