Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Wednesday 27 March 2013

Obat Herbal dan Yang Lainnya



Obat tradisional/ Obat Herbal adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. 
Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. 



Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.


Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional/ herbal yang dimodifikasi lebih lanjut. 

Bagian dari Obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga. 
Bentuk obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet.



Saat ini, penggunaan obat herbal semakin gencar karena selain terjangkau oleh masyarakat baik dari segi harga maupun ketersediaannya.

Hasil penelitian modern juga menunjukkan bahwa obat herbal memang terbukti efektif bagi kesehatan dan tidak terlalu menyebabkan efek samping seperti obat kimia.



Meskipun begitu, dalam suatu hal, selalu ada pro dan kontra. Demikian pula yang terjadi pada persoalan pemanfaatan obat herbal. Ada yang menyukai pemanfaatan obat herbal karena kelebihan-kelebihan yang disebutkan di atas.



Bagaimana Saya Yakin Bahwa Obat Herbal Ini Aman?


Beberapa orang meragukan keamanan obat herbal karena banyak berita negatif mengenai pemalsuan obat herbal. Bagaimana Anda bisa mengantisipasi hal itu?



Pastikan bahwa obat herbal yang Anda beli sudah mendapatkan izin edar resmi. 
Belilah dari produsen dan sumber yang terpercaya atau anda bisa pesan di (http://purikelontong.blogspot.com, jangan membeli dari pedagang obat asongan mengingat banyaknya pemalsuan obat bahkan pada obat yang sudah memiliki izin edar resmi.

Bagaimana Penggunaan Obat Herbal yang Tepat?

Pastikan bahwa Anda mengerti dan mengikuti instruksinya. 
Doktor Logan Chamberlain, penulis sebuah buku tentang suplemen herbal, mengatakan, "Hampir setiap laporan pada tahun-tahun terakhir mengenai efek berbahaya dari obat herbal berasal dari kasus orang-orang yang tidak mengikuti petunjuk." 

Rekomendasi dosis pada produk yang andal adalah aman dan bahkan hati-hati sekali. Jangan mengabaikannya kecuali Anda mendapat nasihat yang bagus dari ahli herbal yang terlatih."

Sumber : Dari Berbagai Sumber

No comments: