Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Tuesday 29 April 2014

Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia



Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (disingkat SEPA PK TNI) adalah sekolah pembentukan perwira di Indonesia yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta. 


Jenjang akademik yang bisa masuk sekolah pendidikan perwira ini adalah D3 dan S1 dari semua jurusan (tergantung kebutuhan TNI).


Sekolah ini membentuk para sarjana dan diploma untuk menjadi perwira pertama (PAMA) dengan pangkat saat dilantik letnan dua (Letda). 



Mereka terdiri atas 3 angkatan di TNI, yaitu TNI AD, TNI AL danTNI AU (Kepolisian tidak ikut lagi sejak POLRI terpisah dengan TNI)



Setelah melalui pendidikan lebih kurang 7 bulan di AKMIL (Akademi Militer), masing-masing perwira tersebut melanjutkan pendidikan lanjutan di matra masing-masing: 

  • Matra Darat di KODIKLATAD (sesuai kejuruan), 
  • Matra Laut di KOBANGDIKAL Surabaya dan 
  • Matra Udara di KODIKAU (Pendidikan KIBI) di AAU Yogyakarta.




Untuk wanita, mereka melaksanakan pendidikan pembentukannya di PUSDIK KOWAD Lembang, Bandung (juga terdiri dari tiga matra tersebut). 


Untuk persyaratan dan pengumuman penerimaan TNI, bisa dilihat di link :

Setelah pelantikan yang dilaksanakan bersama Perwira Pria di AKMIL, mereka melanjutkan pendidikan di matra masing-masing, bergabung dengan Perwira Pria.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Perwira_Prajurit_Karier_Tentara_Nasional_Indonesia

No comments: