Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Wednesday 9 July 2014

Pindad Komodo - Indonesia


Pindad Komodo atau lebih dikenal dengan nama Komodo saja, adalah sebuah rantis (kendaraan taktis; bahasa Inggris : tactical vehicle) buatan PT Pindad Indonesia. Dengan manuver yang baik, diharapkan komodo bisa menjadi kendaraan operasional yang handal bagi TNI dan POLRI. Kendaraan ini digunakan sebagai pengintai dan sangat cocok dipakai pada medan yang berat.


Mobil yang mengadopsi desain dan konsep mobil perang Humvee buatan    Amerika     Serikat atau Sherpa buatan Prancis ini, dibandrol mulai harga Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar. 


Humvee

Sherpa

Bedanya, harga ini, tergantung pada varian, konten dan mesin yang ada di dalam setiap mobil.


History :

Nama komodo pada rantis ini diberikan langsung oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 November 2012 yang bertepatan dengan hari pahlawan. 




Harapannya kendaraan taktis yang berpenggeran roda 4x4 ini bisa seperti hewan komodo yang perkasa, kendaraan ini pun menjadi kendaraan perang yang berdaya tempur tinggi untuk menjaga NKRI.





Komodo difungsikan sebagai kendaraan taktis yang mampu menempuh segala medan berat baik itu jalan berlumpur, berpasir, serta bergunung-gunung. 



Hal itu ditunjang dengan kemampuan komodo yang dapat menerjang tanjakan 31 derajat dan kemiringan sisi 17 derajat. 



Komodo sendiri juga memiliki fungsi-fungsi yang lebih spesifik sesuai dengan varian kendaraan



Komodo terdiri atas beberapa varian yaitu sebagai berikut :


V1 atau varian Intai

V2 varian APC

V3 varian Komando

V4 varian angkut rudal



V5 untuk varian khususi





Performa Dan Bentuk Kendaraan


Mampu Menerjang Beton 30CM & Naik ke Pesawat

Untuk tipe Battering Ram pesanan Kopassus, Komodo buatan Bandung ini difungsikan sebagai kendaraan operasi khusus. 



Dengan desain yang sangar, kendaraan perang versi ringan ini, mampu menabrak atau menerobos dinding setebal 30 cm tanpa tulang.


tipe Battering Ram

Hal ini sangat mendukung tugas dari pasukan khusus dan keperluan kendaraan anti teror. Mobil perang karya Pindad ini, juga dilengkapi tangga otomatis. Tangga ini, mampu ditumpangi oleh 5 personil dalam kondisi mobil sedang berjalan. Fungsi tangga ini adalah memudahkan pasukan anti teror masuk dan naik ke dalam kabin pesawat atau kereta saat operasi anti teror.

Bisa Dikendarai Saat Gelap Gulita Tanpa Lampu

Humvee versi Indonesia ini mampu mendukung berbagai operasi. Kendaraan yang dirancang 7 varian ini, mampu digunakan di berbagai Medan.


Pengemudi bisa mendeteksi gerakan berdasarkan suhu tubuh atau sumber panas


Versi Battering Ram pesanan Kopassus ini, bahkan mampu dioperasikan saat operasi malam dengan kondisi gelap gulita. Dilengkapi dengan kamera malam atau night vision, memungkinkan pengemudi mengendarai kedaraannya tanpa harus menghidupkan lampu dalam kondisi gelap-gulita.



Bahkan dengan sensor di kamera, sang pengemudi bisa mendeteksi gerakan berdasarkan suhu tubuh atau sumber panas. Di siang hari pun, dengan teknologi yang super canggih dan melekat pada kamera, memungkinkan personil di dalam mobil untuk mengawasi atau mengetahui orang yang melintas di depan kendaraan, apakah menyembunyikan atau membawa senjata di dalam pakaian atau tidak.


Personil Bisa Koordinasi di Dalam Mobil
Saat operasi mendadak, diperlukan kordinasi yang cepat dan fasilitas yang memadai bagi personil. Si Komodo tempur versi Battering Ram ini, bisa mendukung para personil untuk melangsungkan rapat dan berkoordinasi untuk menyusun strategi perang di dalam mobil.


Dilengkapi layar khusus

Dilengkapi layar khusus yang bisa dilipat dan tergantung di atap mobil, sangat membantu para personil untuk melakukan rapat dalam kondisi mobil berjalan.

Kursi Kemudi dan Personil Yang Nyaman
Komodo tempur buatan Bandung ini sangat memanjakan para penggunanya. Meskipun berkonsep kendaraan perang, Komodo ini dilengkapi fasilitas kursi super nyaman.


kursi super nyaman


Layaknya kursi mobil sport, pada Komodo versi Battering Ram, terdapat 8 kursi yang saling berhadap-hadapan dan ditambah 2 kursi di ruang kemudi. Dengan dilengkapi kursi yang mengadopsi mobil sport, tentu sangat membuat nyaman para personil di dalamnya.




Specipikasi
  • Sistem penggerak ban 4x4 ini memiliki berat 4 ton.
  • Untuk jenis standar bisa angkut 5 awak termasuk supir,
  • Mesin menggunakan engine diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm sehingga tercapai rasio berat terhadap kendaraan 25 hp/ton. 
  • Kapasitas Mesin 5.193 cc. 
  • Transmisi yang digunakan transmisi manual dengan 6 maju 1 mundur 
  • Memiliki diferensi lock sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik. Kendaraan perang ini juga telah dilengkapi dengan body dan kaca anti peluru. Pindad mengklaim daya tahannya bisa sampai dengan peluru berukuran 7.62 mm.

Sumber : Berbagai Sumber

No comments: