Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Sunday 31 August 2014

Stahlhelm- Helm Tempur Baja Nazi German

Helm Tempur Baja Pasukan SS

Stahlhelm (jamak Stahlhelme) adalah sebutan untuk helm tempur baja tentara german pada tahun 1916 menggantikan helm tempur dari kulit  Pickelhaube pada Kekaisaran Tentara German. 

History
Pada awal Perang Dunia I, tidak ada tentara yang berperang menggunakan perlindungan kepala hanya berupa topi dari kain dan kulit. Oleh karenannya banyaknya korban perang pada waktu itu.

Tentara yang berperang masih menggunakan topi dari kain

Pada akhir tahun 1915 tentara Prancis mulai mengenalkan dan menggunakan helm tempur baja (Adrian helmets) diikuti oleh pasukan sekutu Inggris dan Amerika dengan helmnya (Brodie helmet) kemudian tentara german dengan helm tempur bajanya (Stahlhelm)

Stahlhelm Mulai Digunakan
Desain Stahlhelm dilakukan oleh Dr Friedrich Schwerd dari Technical Institute of Hanover. 

Designer helm Jerman Dr Friedrich Schwerd

Pada awal 1915, Schwerd telah melakukan studi pada luka kepala para tentara selama perang parit (German-Prancis) dengan menggunakan topi dari kain dan kuli, kemudian ia mengajukan rekomendasi menggantinya dengan helm baja, tak lama setelah itu Berlin menyetujuinya. 

Sebuah tampilan yang menunjukkan tahap yang berbeda-beda 
dari proses pembuatan helm-untuk Stahlhelms 
untuk Angkatan Darat Jerman Imperial, 1916-1918

Schwerd kemudian melakukan tugas merancang dan memproduksi helm sesuai keamanan yang memakainya untuk perlindungan yang baik kepala dan leher. 

Sketsa asli dari Dr Friedrich Schwerd 
pada helm Stahlhelms untuk perlindungan 
kepala dan leher yang aman

Stahlhelms pertama diuji pada bulan November tahun 1915 di Kummersdoef Proving Ground dan kemudian diuji di lapangan oleh Batalyon 1 Assault. Tiga puluh ribu contoh diperintahkan, tapi itu tidak disetujui untuk digunkan, sampai pada tahun 1916, baru disetujui. Oleh karenannya dinamakan "Model 1916". 

M.1916/17 Stahlhelm

Pada Februari 1916 helm tempur ini dibagikan kepada pasukan di Verdun (perang German dan Prancis 1916), dan dari hasil menggunakan helm ini untuk cedera kepala serius menurun secara dramatis. 

Tentara Jerman di Verdum mengenakan Stahlhelm.

Pasukan Jerman yang pertama menggunakan helm ini adalah pasukan stormtroopers (pasukan khusus tentara German pada perang dunia I) dari Sturm-Bataillon Nr. 5 (Rohr) yang telah diperintahkan oleh kapten Rohr. 

Inilah pasuka pertama yang menggunakan helm Stahlhelm
Storm troopers of württembergisches Ldst.-Inf.-Btln

Bahan pembuat helm berbeda dengan Hadfield baja yang digunakan dalam helm British Brodie (tentara Inggris), untuk Stahlhelm helm German menggunakan martensit baja silikon / nikel . 

Model Stahlhelm
Desain Stahlhelm berbeda nama untuk tahun pemakaian, sebagai contoh, Modell 1942 yang diperkenalkan pada tahun 1942 umumnya dikenal sebagai M1942 atau hanya M42. Di sini, mereka disebut dengan nama M19XX.

M1916 and M1917
Awalnya dicat Feldgrau (bidang abu-abu), dimana Stahlhelm sering disamarkan oleh pasukan di lapangan menggunakan lumpur, dedaunan, selimut kain, dan cat. 

M1916 Stahlhelm 

Penggunaan kamuflase dengan kain meliputi putih dan abu-abu muncul pada akhir 1916 dan awal 1917 kamuflase menggunakan cat tidak resmi diperkenalkan sampai Juli 1918, 

Stahlhelm M916 kamuflase dengan kain

Pada Jenderal Erich Ludendorff pada 7 Juli 1918 ditandatangani , diuraikan standar resmi untuk kamuflase helm. 

Stahlhelm M916 kamuflase dengan Cat

Perintah menetapkan bahwa helm harus dicat dalam beberapa warna, dipisahkan oleh garis hitam jari-lebar. Warna harus relevan dengan musim, seperti menggunakan hijau, coklat dan kuning tua di musim panas

M1918
Pendesainan ulang yang luas dibuat untuk model M1918, dua tali dagu baru diperkenalkan, dan melekat langsung pada helm.

Stahlhelm M1918

Helm M1918 Stahlhelm dapat dibedakan dari M1916, M1918 sebagai shell tidak memiliki keling chinstrap di sisi bawah helm ditemukan pada model sebelumnya.

Tentara german menggunakan helmStahlhelm M1918 

Sktesa Perbedaan Stahlhelm M1918 
dengan Model Pendahulunya

M1933
Pada tahun 1932 Komando Tinggi Angkatan Darat memerintahkan pengujian prototipe helm baru dimaksudkan untuk menggantikan model lama. Itu seluruhnya terbuat dari bahan komposit plastik yang disebut "Vulkanfiber". 

Jerman SS memakai versi M1933 ​​Stahlhelm

Model 1933 Vulkanfiber helm mengikuti dasar dari helm sebelumnya, tetapi jauh lebih ringan. 
Model Awal

Model Akhir
M1933 ​​Stahlhelm dalam sketsa

Produksi helm ini terbatas untuk Reichswehr infanteri, artileri dan unit komunikasi. 

M1935
Pada tahun 1934 helm Stahlhelm mulai didesain ulang, dengan pengujian oleh Dr Friedrich Schwerd. 

M1935 ​​Stahlhelm 

Sketsa Perbedaan bentuk Stahlhelm M-1935 
dengan pendahulunya

Helm baru ditekan dari lembaran baja molibdenum dalam beberapa tahap, ukuran visor melebar dan bawahan helm berkurang, dan lugs memproyeksikan besar untuk armor perisai usang dihilangkan. 

Tentara German helm Stahlhelm M1935  

Lubang-lubang ventilator dipertahankan, tetapi diatur dalam paku keling berongga kecil dipasang ke lapisan baja helm. Tepi lapis baja helm yang bergelombang, menciptakan tepi halus sepanjang helm. 

Sketsa Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M1935 dengan corak kamuflase

Akhirnya, suspensi kulit benar-benar baru, atau dalaman helm, sangat meningkat keselamatan helm, penyesuaian, dan kenyamanan bagi setiap pemakainya. Perbaikan ini membuat M1935 helm baru lebih ringan, lebih kompak, dan lebih nyaman dipakai daripada desain sebelumnya. 

Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M1935 

Komando Angkatan Darat German resmi menerima helm baru ini pada tanggal 25 Juni 1935 dan itu dimaksudkan untuk mengganti semua helm lain dalam pelayanan. 

Pada tanggal 25 Juni 1935 semua pasukan German
resmi menggunakan helm Stahlhelm M1935 

Lebih dari 1 juta helm M1935 yang diproduksi dalam dua tahun pertama setelah diperkenalkan, dan jutaan lainnya yang diproduksi sampai 1940 ketika desain dan produksi metode dasar yang berubah.

M1940
M1940 adalah modifikasi desain M1935 sedikit dimodifikasi pada tahun 1940 untuk menyederhanakan konstruksi, proses manufaktur dan menggabungkan metode stamping lebih otomatis. 

Stahlhelm M1940

Perbedaan antara M1935 dan M1940

Perubahan mendasar adalah untuk lubang ventilator langsung ke lapisan baja helm, daripada menggunakan peralatan terpisah. 

Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M40

Dalam hal lain, helm M1940 adalah identik dengan M1935. Jerman masih mengacu pada M1940 sebagai M1935.

Versi Fallschirmjäger (M1940)
Sebuah varian dari helm M1935 dengan lapisan baja kurang visor memproyeksikan dan mendalam, menyala pelek dikeluarkan untuk Fallschirmjäger (unit penerjun payung Jerman).

Versi Fallschirmjäger (M1940)

Helm ini dirancang untuk mengurangi risiko cedera kepala saat mendarat setelah terjun payung; juga untuk mengurangi hambatan angin yang signifikan dan patah pada leher . 

Versi Fallschirmjäger (M40) untuk
Tentara Penerjun Nazi German

Lapisan baja helm dimodifikasi untuk mengamankan kepala yang memakai dan chinstrap desain yang sama sekali berbeda dan lebih besar yang memberikan perlindungan jauh lebih banyak untuk pasukan udara Jerman. 

M1942
Helm Stahlhelm   M-42 merupakan hasil dari tuntutan masa perang. Tepi bergelombang di lapisan baja dihilangkan.

Helm Stahlhelm M42

Perbedaan Helm Stahlhelm M42 dengan M40

Tepi ini sedikit melebar, sepanjang dasar bawah helm. Penghapusan tepi digulung dipercepat proses manufaktur dan mengurangi jumlah logam yang digunakan dalam setiap helm. 

Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M42

Warna cat lapis baja menjelang akhir perang biasanya ke matte abu-abu-hijau, dan decals secara bertahap dieliminasi untuk mempercepat produksi dan mengurangi visibilitas tempur helm. 

Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M42 pada parade


M1944
Varian sederhana, yang dirancang pada tahun 1944 oleh Prof Dr-Ing. Fry dan kolaborator-nya Dr Hansel dari Institute for Defense Bahan Teknis Science di Berlin, juga dicap dari sepotong logam, tapi dengan sisi miring. 

 Mk III Helmet Inggris 1944
Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M44

Mirip dalam penampilan dengan Inggris 1944 Jenis Mk III Helmet, ditolak oleh Hitler karena terlalu asing.

M1945
Varian yang diproduksi pada bulan-bulan terakhir perang, helm M1945 dilaporkan telah mirip dengan desain M1942, tetapi tidak hilang sepenuhnya dengan ventilator. 


Stahlhelm M-45

Tentara German menggunakan Helm
Stahlhelm M45

Decals and Insignia
Helm Stahlhelm biasanya dicat dengan warna yang bervariasi oleh organisasi, identifikasi atau lencana decals kecil, biasanya ditempelkan pada satu atau kedua sisi helm. 

Third Reich helmet decals of the army

Hampir setiap organisasi militer, angkatan laut, dan politik memiliki lambang tersendiri, yang digunakan sebagai decals ke sisi helm. 

Tentara Nazi German Unit Penerjun Dengan
Lambang Burung Di Samping Helm

Sisi kanan awal helm M35 menanggung perisai triwarna dari garis-garis hitam, putih, dan merah, warna-warna nasional tradisional Kekaisaran Jerman. 

Pada Sisi Kanan Helm M1935 terdapat 
Lambang Kekaisaran Jerman

Sisi kiri dari lapis baja sering menerima lencana decal yang menunjukkan cabang angkatan bersenjata, atau Wehrmacht, atau organisasi dalam Partai Nazi.

Pada Sisi Kanan Helm  terdapat 
Lambang Angkatan Udara Nazi German

Inilah Lambang Yang Tertera pada Helm Tentara Nazi German seuai Unit Pasukannya

Inilah Tanda pada Kanan dan Kiri 
samping Helm Stahlhelm

Sumber : http://en.wikipedia.org,
               Berbagai Sumber

No comments: