Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Friday 4 April 2014

Battle of Ia Drang - Vietnam War's


Pertempuran Ia Drang adalah pertempuran besar pertama antara Angkatan Darat Amerika Serikat dan Tentara Rakyat Vietnam ( PAVN / NVA ) dari Vietnam Utara selama Perang Vietnam. Dua - bagian pertempuran berlangsung antara November 14 – 18  November 1965, di dua zona pendaratan ( LZS ) barat laut dari Plei Me di Dataran Tinggi Tengah Vietnam Selatan ( sekitar 35 km sebelah selatan - barat dari Pleiku ) sebagai bagian dari airmobile AS ofensif dengan nama sandi Operation Silver Bayonet

Sungai Drang



Nama pertempuran ini berasal dari Sungai Drang yang mengalir melalui lembah barat laut dari Plei Me , di mana terdapatnya pertemuan dua sungai  (Montagnard) .


Logo 3rd Brigade, 1st Cavalry Division



 Logo 7th Cavalry Regiment

5th Cavalry Regiment

Dalam pertempuran ini pasukan Amerika mengirimkan pasukan  3rd Brigade, 1st Cavalry Division: Batalyon 1 dan 2 Batalyon  7th Cavalry Regiment, dan Batalion 2, 5th Cavalry Regiment dari Angkatan Darat Amerika Serikat 


Tentara Vietnam Utara Front B3 dari PAVN ( termasuk 304 Divisi )

, menghadapi unit tentara Vietnam Utara Front B3 dari PAVN ( termasuk 304 Divisi ). Pertempuran ini melibatkan dukungan udara pesawat AS dan pemboman oleh B - 52s .


B - 52s

Serangan Vietnam berawal ketika  mendaratnya Batalyon 7th Cavalry Regiment di LZ X, di bawah pimpinan selama dua satu malam pertempuran berat pada tanggal 14-16 November , dengan menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak.





Dalam serangan mendadak tindak lanjut pada tanggal 17 November , tentara  Vietnam Utara berhasil dikalahkan oleh Batalion 2 , 7th Cavalry dekat LZ Albany. Ini adalah pertempuran yang paling sukses melawan tentara vietnam utara dari semua pertempuran.








Latar Belakang Pertempuran
Sepanjang tahun 1963 dan 1964 terjadi konflik politik dan militer Angkatan Darat Republik Vietnam Utara yang ( ARVN )  telah berdampak serius terhadap Vietnam Selatan .



Komandan ARVN awalnya di bawah perintah langsung dari Presiden Ngo Dinh Diem untuk menghindari pertempuran, untuk sementara waktu kekuatan NLF ( VC, dikenal sebagai Viet Cong , atau hanya " VC " ) untuk berlatih dan melakukan kegiatan militer. Sementara itu beberapa pemimpin oposisi , meski kalah bekerja sama dengan CIA untuk mencari dan menghancurkan pasukan tersebut,  yang sangat bergantung pada serangan roket menggunakan helikopter .


Presiden Ngo Dinh Diem

Bahkan setelah penggulingan Diem dalam kudeta 1963 , pimpinan militer baru sebagian besar terdiri dari komandan yang ditempatkan oleh Diem sebelum kudeta. Mereka menunjukkan kurangnya minat dalam memerangi NLF , menghabiskan waktu mereka dalam serangkaian kudeta dan kontra- kudeta .



Dalam iklim politik yang tidak stabil ini, NLF unit ( VC ) berkembang semangkin pesat . Pada awalnya ini terbatas untuk membangun formasi yang lebih besar ( batalyon dan resimen ) , tetapi akhir tahun 1964 mereka telah berkembang menjadi  Agkatan Bersenjata yang mengalahkan angkatan bersenjata reguler ARVN dan mereka mengungguli dalam segala hal 






Pada awal tahun 1965, sebagian besar pedesaan Vietnam Selatan berada di bawah kendali VC , mereka didukung oleh rakyat setempat sehingga unit ARVN reguler di di lapangan tak berdaya dan beberapa kali diserang dan dibantai .




Penasihat Amerika di lapangan telah lama mendorong pasukan ARVN yang akan " diambil alih " oleh komandan AS . Selain benar-benar mendapatkan orang-orang untuk melawan, pelatihan komando AS, Jenderal William Westmoreland , merasakan aplikasi langsung dari pasukan AS adalah solusi yang lebih tepat ; mungkin unit ARVN tidak akan melawan , tapi tidak dengan militer AS .


Jenderal William Westmoreland 



Pada awal 1965, Westmoreland telah memerintahkan mendatangkan pasukan AS sebanyak 300.000 tentara yang siap untuk bertempur. Perekrutan tentara oleh Lyndon B. Johnson berlangsung sepanjang musim panas tahun 1965.


Lyndon B. Johnson

Pada tahun 1965 , pasukan VC menguasai sebagian besar pedesaan dan telah mendirikan infrastruktur militer besar di Dataran Tinggi Tengah , ke timur laut wilayah Saigon . Pasukan komunis Vietnam telah beroperasi di daerah ini selama beberapa dekade dimana mereka memenangkan pertempuran dengan tentara Prancis , yang dikenal dengan Pertempuran Mang Yang tahun 1954 .





Di tempat ini mereka membangun terowongan bawah tanah yang saling berkaitan satu sama lain, sehingga pasukan komunis ini lebih unggul dari pasukan ARVN.  Selama tahun 1965 kelompok besar Vietnam Utara dari PAVN pindah ke daerah untuk melakukan operasi militer yang lebih besar ke barat daya, yang akan menjadikan Vietnam Selatan terbagi menjadi dua kekuatan.




Komanda Pasukan AS di Vietnam  melihat ini sebagai daerah yang ideal untuk menguji taktik mobilitas udara baru yang dikembangkan mereka . Mobilitas udara ini dengan mengirimkan pasukan-pasukan di daerah konflik pertempuran dengan menggunakan  helikopter dibawah pimpinan komando lapangan Letnan Kolonel Harold Gregory "Hal" Moore, Jr  komandan 1st Battalion, 7th Cavalry Regiment. Mereka didukung oleh serangan udara dan arteliri jarak jauh dan serangan udara roket.


Letnan Kolonel Harold Gregory "Hal" Moore, Jr 


Letnan Kolonel Harold Gregory "Hal" Moore, Jr bersama anak buahnya 



Pasukan ini telah melakukan latihan di Amerika Serikat, Fort Benning yaitu  pasukan 11th Air Assault Division dan 2nd Infantry Division yang telah berada di Korea Selatan. Pasukan 11th Air Assault Division dipecah lagi menjadi 1st Cavalry Division. Mereka dikenal dengan nama the Air Cav. Mulai Juli 1965 mereka mulai menyebarkan ke Camp Radcliff , An Khe , Vietnam . Pada bulan November , sebagian besar divisi tiga brigade siap untuk operasi pertempuran.
Pada awal November , 3rd Brigade, 1st Cavalry Division dikirim ke 







pertempuran pada pencarian - dan danmenghancurkan tentara musuh yang ketika itu gagal menyerang pangkalan militer Amerika di Plei Me , sekitar 25 mil ( 40 km ) selatan. Akhirnya pasukan ini berhasil menemukan lokasi musuh di Koordinat: 13 ° 35'N 107 ° 43'E Ia Drang Valley, Vietnam Selatan. Terjadilah pertempuran dan dimenangkan oleh pasukan Amerika.



Pertempuran didokumentasikan di CBS di laporan khusus Battle of Ia Drang Valley menurut Morley Safer. 

Peristiwa ini diangkat ke layar lebar, dengan judul film, bisa dilihat:

We Were Soldiers 



Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Ia_Drang

No comments: