Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Wednesday 2 April 2014

Pertempuran Mogadishu (1993)


Pertempuran Mogadishu, lebih sering disebut sebagai Black Hawk Down atau, secara lokal, sebagai Day of the Rangers (Somali: Maalintii Rangers), merupakan bagian dari Operation Gothic Serpent yang dilancarkan pada tanggal 3 dan 4 Oktober 1993, di Mogadishu, Somalia , antara pasukan Amerika Serikat yang didukung oleh UNOSOM II, dan milisi Somalia yang setia kepada presiden Mohamed Farrah Aidid yang mendapat dukungan dari pejuang sipil bersenjata.


Pejuang sipil bersenjata

Operation Gothic Serpent dengan nama kode Irene adalah operasi militer yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan pasukan khusus-nya dengan misi utama menangkap panglima perang Mohamed Farrah Aidid. 




Operasi itu terjadi di Somalia sejak Agustus hingga Oktober 1993 dan diawasi oleh Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC).




Task Force Ranger-yang terdiri dari pasukan serbu, Delta Force, Army Rangers, Air Force Pararescuemen, Air Force Combat Controllers, Navy SEAL IV dari Development Group Naval Special Warfare, dan unsur udara yang disediakan oleh 160th Special Operations Aviation Regiment-di bawah komando Mayor Jenderal William F. Garrison.

Mayor Jenderal William F. Garrison


 
Rangers


Delta Forces




Navy Seal

Memerintahkan sebuah operasi yang melibatkan perjalanan dari markas tentara mereka di pinggiran kota ke pusat kota Mogadishu dengan tujuan menangkap pemimpin klan Habr Gidr, yang dipimpin oleh Mohamed Farrah Aidid. 



General Mohamed Farrah Aidid


Serangan pasukan terdiri dari sembilan belas pesawat, dua belas kendaraan (termasuk sembilan Humvee), dan 160 tentara.






Selama operasi, dua helikopter Black Hawk AS ditembak jatuh oleh RPG dan tiga lainnya rusak. 




Helikopter Black Hawk AS ditembak jatuh

RPG

Beberapa korban yang terluka mampu mengungsi ke kompleks disekitar pertempuran, tetapi yang lain tetap dekat lokasi kecelakaan dan diisolasi. Sebuah pertempuran perkotaan terjadi sepanjang malam. 




Keesokan paginya, sebuah gugus tugas gabungan dikirim untuk menyelamatkan tentara yang terperangkap. Tentara dari Angkatan Darat Pakistan, Tentara Malaysia dan 10th Mountain Division AS. Mereka mengumpulkan beberapa ratus kendaraan, termasuk tank Pakistan (M48s) dan Malaysia Condor pengangkut personel lapis baja dan didukung oleh AS MH-6 Little Bird dan MH-60L Black Hawk helikopter. 


Tentara Angkatan Darat Pakistan
Tentara Angkatan Darat Malasya




10th Mountain Division AS

M48s

Malaysia Condor pengangkut personel lapis baja

MH-6 Little Bird

MH-60L Black Hawk

Gugus tugas ini mencapai lokasi kecelakaan pertama dan menyelamatkan korban. 



Lokasi kecelakaan kedua telah dikuasai oleh milisi Somalia sampai malam hari. Pasukan Delta, penembak jitu Gary Gordon dan Randy Shughart sukarela menahan mereka sampai pasukan darat tiba. 








Massa Somalia dengan ribuan pejuang akhirnya menyerbu dua orang pilot, yang berada dalam pesawat helikopter black hawk yang jatuh, satu tewas kemudian yang satunya hidup (pilot Michael Durant) dan ditawan. Kemudian setelah berakhirnya konflik dibebaskan.





pilot Michael Durant

Kerugian dari peperangan Somalia adalah di data sebagai berikut :
1. Tentara Amerika Serikat
18 tewas 
73 terluka 
1 ditangkap 
2, Tentara Malaysia 
1 tewas 
7 terluka 
3. Tentara Pakistan 
1 tewas 
2 terluka

Jumlah personel tentara dan alat perang yang digunakan dalam pertempuran ini, adalah sebagai berikut :
160 Tentara militer 
12 kendaraan (sembilan HMMWVs) 
19 pesawat (enam belas helikopter - 8 Black Hawks dan 8 Little Birds)

Peristiwa pertempuran Mogadishu diangkat ke layar lebar, sebagai penghargaan bagi mereka yang telah menegakkan keadilan dan kebenaran. Dan bertempur dengan berani dalam film :



Sumber : Berbagai sumber


No comments: