Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Sunday 3 March 2013

Battle of the Bulge





Tanggal 16 Desember 1944 - 25 Januari 1945
Lokasi The Ardennes, Belgia, Luksemburg, dan Nazi Jerman




Hasil Tegas Sekutu 
kemenangan kegagalan, operasional Jerman

Pertempuran Antara
 United States
  •  United Kingdom
  •  Canada
  •  Free Belgian Forces
  •  Luxembourgish resistance
Dengan
 Germany




Komandan dan para pemimpin
  • United States Dwight Eisenhower
  • (Supreme Allied Commander)
  • United States Anthony McAuliffe(101st Airborne Division)
  • United States Omar N. Bradley (12th U.S. Army Group)
  • United States Courtney Hodges (1st U.S. Army)
  • United States George S. Patton (3rd U.S. Army)
  • United Kingdom Bernard Montgomery(21st Army Group)

  • Nazi Germany Adolf Hitler
  • Nazi Germany Walter Model
  • Nazi Germany Gerd von Rundstedt
  • Nazi Germany Hasso von Manteuffel
  • Nazi Germany Sepp Dietrich
  • Nazi Germany Erich Brandenberger

History
Seperti Perang Dunia Kedua menggambar menuju penutupan, pada akhir 1944, Sekutu Barat terinfeksi dengan keyakinan over-yang mengalir dari kemenangan menyapu mereka telah memperoleh empat bulan sebelumnya, dan yang telah membawa mereka ke perbatasan Reich Ketiga. Mereka yakin bahwa perang akan segera berakhir.

Pada pertengahan Desember 1944, Amerika Jenderal Dwight Eisenhower D juga dalam suasana santai. Dia baru saja menerima bintang lima, menjadi Jenderal Angkatan Darat. Dan pada malam 16 Desember, ia bertemu dengan Jenderal Omar Bradley, komandan AS 12 Grup Angkatan Darat, di markasnya di Versailles, untuk membahas masalah kekurangan tenaga Sekutu dan kemudian memainkan tangan beberapa jembatan.

Namun pemimpin Jerman, Adolf Hitler, telah merencanakan serangan besar terakhirnya di barat. Dan sebagai Bradley tiba untuk permainan jembatan, laporan mulai menyaring dalam kegiatan musuh di Ardennes, berbagai bergulir, bukit berhutan berat dan curam-sisi lembah di bagian timur Belgia dan Luksemburg. Bradley menolak laporan sebagai tidak lebih dari rincian pertempuran lokal, namun Eisenhower segera merasakan bahaya, mengatakan Bradley, "Itu tidak ada serangan memanjakan

'Sektor Tenang'
Pasukan menceritakan operasi, sekitar api unggun © Sektor Ardennes diadakan pada depan 80-kilometer dengan hanya enam divisi Amerika. Itu dianggap sebagai 'sektor tenang', cocok untuk memperkenalkan formasi baku ke garis depan, dan beristirahat unit yang telah babak belur dalam pertempuran sengit. Dalam waktu mereka keluar dari perang, tentara menghibur diri dengan menembak babi hutan dari pesawat spotter.

The Ardennes tidak ditakdirkan untuk menjadi sektor yang tenang untuk lebih lama lagi. Meneliti peta di 'Lair Wolf' tersebut, markas besarnya di Rastenburg di Prussia Timur, Hitler telah melihat kesempatan untuk memberikan pukulan balasan menghancurkan musuh-musuhnya, pada saat dan lokasi bahwa Sekutu tidak diantisipasi.

Hitler melihat kesempatan untuk memberikan pukulan balasan yang menghancurkan ...

Pada tanggal 16 September 1944, ia mengatakan Jenderal Knipp Jodl, pejabat eksekutif utamanya, "Saya telah membuat keputusan penting. Aku akan pergi ke ofensif ... keluar dari Ardennes, dengan tujuan Antwerpen. "

Sama seperti mereka pada bulan Mei 1940, ketika mereka telah menetap nasib Prancis dalam satu hari, tentara Jerman akan melewati hutan Ardennes untuk menyeberangi Sungai Meuse, kemudian menyapu utara untuk merebut kembali Brussels dan merebut pelabuhan Antwerpen. Terputus dari sekutu Amerika mereka, para tentara Inggris Pertama Kedua dan Kanada akan menyelimuti dan hancur. Aliansi Barat terhadap Axis akan runtuh, membebaskan Jerman untuk berurusan dengan tekanan yang diberikan pada Front Timur oleh Tentara Merah.

 Rencana mustahil
Meskipun pesan Jerman didekripsi, serangan Sekutu mengambil terkejut © Ini adalah kesempatan terakhir dalam perang saat Hitler, seorang penjudi lazim, masih memiliki chip cukup untuk menggandakan sahamnya. Itu rencana yang berani, menyapu dalam konsep dan tidak mungkin untuk mengeksekusi.

Ketika Hitler meluncurkan pada 24 Oktober, Field Marshal Gerd von Rundstedt, nya Komandan-in-Chief Barat, adalah:

'Terhuyung-huyung ... Itu jelas bagi saya bahwa kekuatan yang tersedia adalah terlalu kecil - pada kenyataannya tentara tidak benar-benar percaya bahwa tujuan mencapai Antwerp benar-benar dilaksanakan. Tapi aku tahu sekarang bahwa itu berguna untuk memprotes kepada Hitler tentang kemungkinan apa pun. "

Bahkan fanatik setia Umum Sepp Dietrich, komandan Angkatan Darat Keenam SS Panzer, salah satu dari dua tentara bertugas operasi, tidak yakin akan keberhasilannya. Dia mengeluh, 'Semua Hitler ingin aku lakukan adalah untuk menyeberangi sungai, menangkap Brussels dan kemudian pergi dan mengambil Antwerpen. Dan semua ini dalam waktu terburuk tahun ... ketika salju adalah pinggang mendalam .... '

Hitler menolak semua upaya oleh von Rundstedt untuk mengurangi operasi untuk skala yang lebih sederhana, yang bertujuan untuk menggulung pasukan Amerika, yang telah didorong di luar kota Aachen ke Sungai Roer. Führer sekarang mencari apa Staf Umum Jerman disebut sebagai 'keputusan total'.

Rencana tersebut disusun dalam kerahasiaan terbesar, dengan Hitler obsesif mengendalikan setiap detail. Ketika Rundstedt menerima perintah akhir, kata-kata 'Tidak Akan Diubah' yang tertulis di antara mereka di tangan ruwet Hitler.

... dengan Hitler obsesif mengendalikan setiap detail.

Benar-benar putus asa, Rundstedt melepaskan kontrol keseluruhan dari operasi untuk Field Marshal Walther Model, komandan Angkatan Darat Grup B, dan menghabiskan sebagian besar dari membaca novel ofensif dan cognac minum.

Membangun Kekuatan
Delapan ratus tank Jerman dihancurkan selama pertempuran © Tersembunyi dari surveilans udara Sekutu, sebuah kekuatan yang tangguh berkumpul dalam, lembah sempit berselimut kabut dan hutan tebal perbukitan Eifel di tepi timur Ardennes. Di utara adalah 6 SS Panzer Army, diperintahkan oleh Jenderal Sepp Dietrich. Di tengah-tengah jalur ini 5th Panzer Angkatan Darat, di bawah Jenderal Hasso von Manteuffel, bertugas mendukung sayap kiri Dietrich. Lebih jauh ke selatan adalah 7th Army, sayap kiri tindak lanjut kekuatan perisai Manteuffel itu.

Antara mereka, Dietrich dan Manteuffel menerjunkan 28 divisi, sepuluh dari mereka lapis baja. Dalam divisi lapis baja yang terkonsentrasi 1.250 dari 2.600 tank dan senjata serbu untuk mengumpulkan ofensif Ardennes, sekarang diberi nama kode Mist Autumn.

... kekuatan yang tangguh berkumpul dalam, lembah sempit berselimut kabut tebal dan hutan ...

 besar divisi lapis baja telah dibesarkan dengan kekuatan, tapi ada kekurangan yang signifikan bahan bakar. Hanya 25 persen dari minimum yang diperlukan tersedia ketika Autumn Mist diluncurkan, sebagian besar dari itu diadakan timur dari Sungai Rhine. Orang Jerman direncanakan untuk membuat kekurangan tersebut dengan bahan bakar Amerika yang ditangkap.

Dalam serangan build-up ke, Sekutu telah menerima aliran petunjuk menggoda tentang persiapan Jerman. Ini berasal dari pesan yang dikirim Jerman dekripsi pada mesin Enigma enciphering, dan pada 1944, Sekutu membaca beberapa pesan dalam 'real time'. Tapi mereka menafsirkan gerakan terdeteksi di daerah Ardennes hanya sebagai indikasi bagian melalui formasi Jerman, diduga berkonsentrasi terhadap menyodorkan Sekutu ke utara dan selatan dari daerah.

Puncak Autumn Mist
, tentara AS tersebar di hutan ketika pertempuran mulai © Setelah penundaan beberapa, serangan itu diluncurkan pada jam 5.30 pagi pada tanggal 16 Desember 1944, di depan 70-mil dari Monschau di utara ke Echternach di selatan. Pukulan pertama jatuh pada US 2,, 99 dan 28 Divisi 106th, yang terakhir masih belum pulih dari pertempuran sengit di Hutan Hürtgen. Di belakang Amerika, penyusup Jerman mengenakan seragam Amerika memotong kabel telepon dan kebingungan menyebar.

Pada awalnya ada sesuatu yang mendekati panik buta di belakang garis Amerika. Band tersebar AS infanteri berjalan tentang hutan musim dingin, melawan Jerman ketika mereka bertabrakan dengan mereka, atau berusaha untuk menghubungkan dengan formasi yang lebih besar. Pertempuran itu bingung dan ganas. Pada tanggal 17 Desember, sebuah kelompok pertempuran 6 SS Panzer Army menangkap 125 orang dari bidang artileri baterai observasi AS di kota Malmedy, dan sekitar dua jam kemudian dipangkas mereka turun dengan darah dingin, meninggalkan 86 tewas.

... ada sesuatu yang mendekati panik buta di belakang garis Amerika.

Butuh waktu empat hari untuk Amerika untuk menarik diri bersama-sama. Di bahu utara serangan Jerman, AS V Corps telah memblokir drive oleh 6 SS Panzer Army. Di tengah, pada 17 Desember, Manteuffel telah tiba di St Vith, dari mana jalan lembah menyebabkan Sungai Meuse dan Belgia, untuk menemukan jalannya diblokir oleh AS Divisi lapis baja 7. Pada dataran berangin 30 mil di barat daya, hub jalan vital Bastogne juga ditolak untuk Tentara Panzer 5th oleh Divisi Airborne ke-101, bergegas naik truk dari Rheims. Manteuffel dipaksa untuk memotong Bastogne saat ia menekan untuk Meuse.
Eisenhower, bagaimanapun, mulai mengerahkan mencengkeram pertempuran. Jenderal George S Patton diperintahkan untuk ayunan nya US Army 3rd melalui 90 derajat dan drive utara untuk menyerang di sisi selatan dari 'tonjolan' didorong ke garis Sekutu. Untuk mencegah pemutusan komunikasi pembengkakan Jerman menonjol antara pasukan Grup US Army 12 di sisi utara dan selatan 'tonjolan', Eisenhower juga memberikan Field Marshal Montgomery, komandan Grup Angkatan Darat Inggris ke-21, pengendalian operasional di utara.

Para tentara Amerika terkepung di Bastogne mengulurkan. Ketika pada tanggal 22 Desember Jerman ditawarkan komandan mereka, Brigadir Jenderal Anthony McAuliffe, baik menyerah atau pemusnahan oleh artileri berkumpul,  dirayakan adalah 'Nuts!'.

St Vith telah diambil oleh Tentara Panzer 5th pada tanggal 23 Desember, tapi dua hari kemudian unit Manteuffel paling canggih yang berjuang untuk berhenti oleh US 2 Divisi lapis baja tiga mil singkat dari Meuse. Mereka kemudian dikenakan tanpa ampun berdebar karena mereka terhenti, tangki bensin kosong. Sekarang kabut yang menutupi konsentrasi Jerman dan serangan awal telah dibersihkan, dan Sekutu tempur-pembom berkisar medan perang.
... kabut yang menutupi konsentrasi Jerman dan serangan awal telah dibersihkan ...


Pada tanggal 26 Desember, Bastogne lega oleh AS Divisi lapis baja 4. Hitler memerintahkan para jenderalnya untuk bekerja keras, tapi permainan naik. Pada tanggal 29 Desember Mayor Jenderal FW Mellenthin, dalam perjalanan untuk bergabung dengan Divisi Panzer 9 dekat Houffalize di tengah menonjol, mencatat:'



"Penggerebekan terkepung oleh es berkilauan di bawah sinar matahari dan saya menyaksikan serangan udara terganggu pada rute lalu lintas dan pembuangan pasokan. Bukan sebuah pesawat Jerman tunggal dalam kendaraan udara dan tak terhitung ditembak dan bangkai kapal mereka menghitam berserakan jalan. "

Korban dan kerugian
United States American
89,500
(19.000 tewas,
47.500 terluka, 

23.000 ditangkap atau hilang) 
~ 800 tank Hancur



United Kingdom British
1.408 (200 tewas, 969 terluka, dan 239 hilang )
--------------
84.834 (perkiraan lain berkisar dari 60-100,000) tewas, hilang / ditangkap, atau terluka
Luftwaffe hancur 
~ 600 tank dan senjata serbu Ratusan pesawat hancur.



Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_the_Bulge

No comments: