Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Tuesday 15 July 2014

TOS-1 - Rusia


TOS-1 Sistem penyembur api berat yng ditujukan untuk dukungan  langsung pasukan infanteri dan tank tempur utama, dan bergerak bersama dalam pertempuran. Hal ini dirancang  untuk benteng dan kendaraan lapis baja ringan. 




Sistem penyembur api berat umumnya sama dengan beberapa sistem peluncuran roket, namun memiliki jangkauan tembak lebih pendek. 



Sistem penyembur api dikembangkan pada awal tahun 1980 dan telah berhasil digunakan oleh tentara Uni Soviet di Afghanistan dan kemudian oleh pasukan Rusia di Chechnya. 



TOS-1 (sistem penyembur api berat) dapat meluncurkan roket 220-mm. 



Ada dua jenis hulu ledak - pembakar dan ledakan udara-bahan bakar. Senjata ledakan gas juga disebut sebagai vakum atau thermobaric. 



Jenis amunisi melepaskan awan besar gas yang mudah terbakar dan menyebabkan ledakan besar. Hal ini digunakan untuk membersihkan bunker dan benteng lainnya. 



TOS-1 sistem penyembur api berat memiliki jangkauan tembak maksimum relatif singkat hanya 3,5 km. Rentang minimum adalah 400 meter. Sistem penyembur api berat meluncurkan roket tunggal atau sepasang dua roket dalam jarak 0,5 s. Durasi salvo penuh adalah 7,5 atau 15 detik. Sebuah salvo penuh dari sistem penyembur api ini meliputi area seluas 200 sampai 400 meter.



TOS-1 dilengkapi dengan sistem pengendalian pembakaran modern. Semua bimbingan dan menembak prosedur yang dibuat dari bagian dalam kendaraan tanpa memaparkan awak tembakan musuh. 



Kendaraan dapat berhenti dan menembak target terlihat dalam waktu 90 detik ketika sedang melaju cepat. 



Sistem penyembur api ini dioperasikan oleh tiga awak, termasuk komandan, penembak dan sopir. 



Sistem  penyembur  api  berat  dipasang  ada chassis modifikasi tank tempur 
T-72 .


Tank T-72


diesel V-84-1

Hal ini didukung oleh mesin diesel V-84-1, 840 tenaga kuda. Kendaraan ini dilengkapi dengan pisau diri entrenching. Ini proteksi lapis baja mirip dengan yang ada pada T-72 tank tempur utama. 

Reload dibantu oleh reload kendaraan TZM, yang juga menggunakan sasis dari T-72 tank tempur utama. Hal ini digunakan untuk mengangkut dan mengisi kembali roket. 



Hal ini dilengkapi dengan crane dan membawa satu set roket reload. Refresh kendaraan juga dioperasikan oleh kru tiga. Beberapa sumber mengklaim bahwa ada juga kendaraan reload dibangun di atas chassis truk lintas negara. 

varian 

TOS-1A adalah varian terbaru dari sistem penyembur api asli berat. Mulai digunakan oleh Angkatan Darat Rusia pada tahun 2001. 




TOS-1A peluncuran kendaraan menggunakan lagi 220-mm roket. Juga sejumlah tabung meluncurkan berkurang 30-24. Tabung launching New lebih panjang dibandingkan dengan sistem sebelumnya. Jangkauan maksimum api meningkat menjadi 6 000 m. 




TZM-T reload

Penyembur api berat ini didukung oleh TZM-T reload kendaraan baru. Ini membawa dua unit untuk masing-masing 12 roket. Sebuah derek dipasang antara unit-unit ini. Refresh kendaraan juga membawa 400 liter bahan bakar untuk kendaraan peluncuran.

Specipikasi TOS-1




Mulai Digunakan 1980
Awak 3 orang 
Dimensi dan berat 
Berat 42 t 
Panjang 9,53 m 
Lebar 3.37 m 
Tinggi 3.23 m 
persenjataan 
Kaliber 220 mm 
Jumlah tabung 30 
Berat Rocket? 
Warhead berat badan? 
Firing kisaran 0,4-3,5 km 
Salvo durasi penuh 7,5 -15 s 
Reload waktu? 
mobilitas 
Mesin V-84-1 diesel 
Kekuatan mesin 840 hp 
Kecepatan jalan maksimal 60 km / jam 
Rentang 550 km 
cara menggerakkan 
Gradien 60% 
Kemiringan sisi 30% 
Langkah vertikal 0,85 m 
Parit 2,8 m 
Fording 1,2 m


Sumber : http://www.military-today.com/

No comments: