Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Monday 13 August 2012

Pendaratan Normandia WWII



Pendaratan Normandia, diberi nama sandi Operasi Neptunus, adalah operasi pendaratan invasi Sekutu di Normandia, dalam Operasi Overlord, selama Perang Dunia II. Pendaratan dimulai pada Selasa, Juni 6, 1944 (D-Day), dimulai jam 6:30 am British Summer Time Double (GMT +2). Dalam perencanaan, seperti untuk operasi Sekutu paling, istilah D-Day digunakan untuk hari pendaratan sebenarnya, yang tergantung pada persetujuan akhir.

Pendaratan dilakukan dalam dua tahap: 
1. Pendaratan serangan udara dari 24.000 pasukan Inggris, Amerika, Kanada dan Perancis, tak lama setelah tengah malam, 








2. dan pendaratan amfibi dari  Sekutu infanteri dan divisi lapis baja di pantai Perancis dimulai pada 6: 30 am. 




Surprise dicapai berkat cuaca buruk dan rencana penipuan komprehensif dilaksanakan pada bulan-bulan sebelum pendaratan, Bodyguard Operasi, untuk mengalihkan perhatian Jerman dari kemungkinan pendaratan di Normandia. 




Sebuah kunci keberhasilan adalah meyakinkan Adolf Hitler bahwa pendaratan sebenarnya akan terjadi di utara dekat Calais. Ada juga operasi pengalihan dengan pendaratan di bawah Operasi codenames dan Operasi taktis untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman dari daerah pendaratan yang sesungguhnya. 







Adolf Hitler dan Para Jendralnya


Panglima Tertinggi Angkatan Ekspedisi Sekutu Jenderal Dwight Eisenhower (USA) sementara komando pasukan darat (ke-21 Tentara Group) diberikan kepada Jenderal Bernard Montgomery (Inggris). 

 
 Jenderal Dwight Eisenhower



Jenderal Dwight Eisenhower bersama Pasukannya


Jenderal Bernard Montgomery


Jenderal Bernard Montgomery bersama pasukannya

Operasi, direncanakan oleh tim di bawah Letnan Jenderal Frederick Morgan (Inggris), adalah invasi amfibi terbesar dalam sejarah dunia dan dieksekusi darat, laut, dan elemen udara di bawah komando Inggris langsung dengan lebih dari 160.000 pasukan arahan pada tanggal 6 Juni 1944, 73.000 pasukan Amerika, Inggris dan 61.715 21.400 Kanada 195.700. 


Letnan Jenderal Frederick Morgan



Angkatan laut dan pengangkut personil Sekutu lebih dari 5.000 kapal yang terlibat. 





Invasi diperlukan pengangkutan tentara dan bahan logistik dari Inggris oleh kapal induk, pendaratan penyerangan, dukungan udara,  dari selat Inggris. 






Pendaratan berlangsung sepanjang hamparan 50 mil (80 km) dari pantai Normandia dibagi menjadi lima sektor: Utah, Omaha, Gold, Juno, dan Sword.


Beberapa personil tentara negara sekutu yang ikut bagian dalam pendaratan di Normandy antara lain :
  •  United Kingdom
  •  United States
  •  Canada
  •  Free France
  •  Poland
  •  Norway
  •  Australia
  •  New Zealand
  •  Netherlands
  •  Belgium                         
Berikut unit utama yang mendarat di D-Day (6 Juni 1944)

1. British 6th Airborne Division
Divisi Airborne ke-6 , adalah divisi pasukan udara dari Angkatan Darat Inggris, dibentuk pada tahun 1943 , dan meskipun namanya , hanya yang kedua dari dua divisi udara diangkat oleh Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia Kedua .


Logo Divisi Airborne ke-6




Misi pertama divisi itu , Operation Tonga pada bulan Juni tahun 1944, bagian dari pendaratan Normandia , di mana ia bertanggung jawab untuk mengamankan sayap kiri dari invasi Sekutu Operasi Overlord . 




Divisi ini tetap di Normandia selama tiga bulan sebelum ditarik pada bulan September . Sementara masih merekrut dan reformasi di Inggris , itu dimobilisasi lagi dan dikirim ke Belgia pada Desember 1944 , untuk membantu serangan mendadak di Jerman di Ardennes atau Pertempuran Bulge . 



Misi udara terakhir mereka diikuti Maret 1945 , Operasi Varsity , kedua Sekutu serangan udara di atas Sungai Rhine .





Setelah perang divisi diidentifikasi sebagai Pasukan Cadangan Strategis , dan pindah ke Timur Tengah . Awalnya dikirim ke Palestina untuk pelatihan parasut , divisi menjadi terlibat dalam peran keamanan dalam negeri . Di Palestina , divisi ini mengalami beberapa perubahan formasi , dan telah melakukan perampingan divisi hanya dua parasut brigade pada saat itu dibubarkan pada tahun 1948 .


2. British I Corps, British 3rd Infantry Division and the British 27th Armoured Brigade.
  • British I Corps adalah sebuah korps tentara yang ada sebagai formasi aktif di Angkatan Darat Inggris yang dibentuk 80 tahun dalam Perang Dunia I hingga akhir Perang Dingin, lebih lama dari korps lainnya. Itu prekursor singkat selama Kampanye Waterloo.
  • British 3rd Infantry Division , yang dikenal di berbagai kali Divisi Besi , 3 ( ​​Besi ) Divisi atau sebagai Iron Sisi ;  adalah sebuah divisi tentara reguler Angkatan Darat Inggris . 

Ini diciptakan pada tahun 1809 oleh Arthur Wellesley , 1st Duke of Wellington , sebagai bagian dari Anglo - Portugis Angkatan Darat , untuk melakukan Perang Semenanjung , dan dikenal sebagai Pertempuran 3 di bawah Sir Thomas Picton selama Perang Napoleon . 


Arthur Wellesley , 1st Duke of Wellington 

Sir Thomas Picton

Logo British 3rd Infantry Division


Divisi ini juga kadang-kadang disebut sebagai Divisi Besi , julukan yang diperoleh selama pertempuran sengit dari tahun 1916, selama Perang Dunia Pertama . 


Pertempuran sebelumnya divisi ini meliputi: Pertempuran Waterloo , Perang Krimea , Perang Boer Kedua , Pertempuran Perancis (1940 ) dan D - Day ( 1944) . 


Itu diperintahkan untuk sementara waktu , selama Perang Dunia Kedua , oleh Bernard Montgomery . 


Pembagian divisi ini merupakan usulan Commonwealth Corps , yang dibentuk untuk invasi yang direncanakan ketika melawan pasukan Jepang pada 1945-1946 , dan kemudian bertugas di Mandat Palestina Inggris . Selama Perang Dunia Kedua , lencana menjadi " pola tiga " - segitiga hitam trisected oleh segitiga merah terbalik .
  • British 27th Armoured Brigade adalah Brigade lapis baja adalah pembentukan Dunia Kedua Angkatan Darat Inggris yang memainkan peran penting dalam Normandia Landings pada tahun 1944. 


Logo British 27th Armoured Brigade

Brigade lapis baja ini dibentuk di Inggris pada 26 November 1940 oleh konversi dari 1 lapis baja Brigade Reconnaissance sebagai konstituen dari Divisi lapis baja ke-9. 


Brigade ini digunakan untuk bereksperimen dengan kendaraan lapis baja khusus dan pada 8 September 1942 itu dipindahkan ke Divisi lapis baja ke-79, yang terkonsentrasi berbagai unit armor khusus. 



Pada 20 Oktober 1943 27th Armoured Bde menjadi formasi GHQ independen, dan melekat pada Divisi Infanteri ke-3 untuk menjadi ujung tombak arahan I Corps di Sword Beach pada D-Day. 

3. Canadian 3rd Infantry Division, Canadian 2nd Armoured Brigade
4. British XXX Corps, British 50th Infantry Division and British 8th Armoured      Brigade.
5. British 79th Armoured Division
6. U.S. V Corps, U.S. 1st Infantry Division and U.S. 29th Infantry Division.
7. U.S. VII Corps, U.S. 4th Infantry Division.,U.S. 101st Airborne
8. Division., U.S. 82nd Airborne Division.
Jumlah tentara yang mendarat di D-Day adalah sekitar 130.000 -156.000 kira-kira setengah pasukan Amerika dan yang lainnya dari pasukan Commonwealth Inggris.
Komandan Dan Pemimpin: 
Dwight D. Eisenhower - Amerika Serikat 
Bernard Montgomery - Inggris 
Omar Bradley - Amerika Serikat
Trafford Leigh-Mallory - Inggris 
Arthur Tedder  - Inggris 
Miles Dempsey Inggris 
Bertram Ramsay Inggris 
Nazi GermanyErwin Rommel - Nazi Germany 
Friedrich Dollmann -  Nazi Germany 
Hans von Salmuth -  Nazi Germany 
Wilhelm Falley † -  Nazi Germany 
Gerd von Rundstedt -  Nazi Germany 

Angkatan Darat Amerika Yang Mendarat 
Di Pantai Omaha

  • V Corps, Divisi Infanteri 1 dan Divisi Infanteri ke-29 yang membentuk 34.250 pasukan dari Sainte- Honorine-des-Pertes ke Vierville-sur-Mer 
  • 2 dan ke-5 Ranger Batalyon di Pointe du Hoc (The BN 5 dan A, B, C BN Co 2 dialihkan ke Omaha). 


Di Pantai Utah

  • VII Corps, Divisi Infanteri ke-4 dan 359 RCT dari Divisi Infanteri ke-90 yang terdiri dari 23.250 laki-laki pendaratan, sekitar Pouppeville dan La Madeleine.
  • Divisi Airborne ke-101 dengan parasut sekitar Vierville untuk mendukung pendaratan Utah Beach.     
  • Divisi Lintas Udara ke-82 dengan parasut sekitar Sainte-Mere-Église, melindungi sayap kanan. Mereka semula bertugas menjatuhkan barat lebih lanjut, di bagian tengah Cotentin, sehingga laut-pendaratan pasukan untuk akses mereka lebih mudah di timur semenanjung, dan mencegah Jerman dari memperkuat bagian utara semenanjung. Rencana itu kemudian berubah untuk memindahkan mereka lebih dekat dengan tempat berpijak, seperti pada menit terakhir yang 91 Jerman Air Divisi Landing bertekad untuk menjadi di daerah tersebut.

Secara total, kontingen Angkatan Darat Pertama mencapai sekitar 73.000 orang, termasuk 15.600 dari divisi udara.

Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Invasion_of_Normandy


No comments: