Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Monday 5 November 2012

Sejarah Peredam Suara Senjata Militer


Peredam suara, yang disebut penekan suara di militer, telah lama digunakan untuk operasi khusus, oleh agen intelijen, dan lainnya. Mereka telah dipasang untuk pistol, senapan, dan senapan mesin ringan.

Sejarah Penggunaan Peredam Suara Senjata Dalam Militer 




M-1.903 senapan Springfield dilengkapi dengan perendam suara. Foto milik Jay J. Quilligan, MD dari Quicksilver Manufacturing LLC

Perendam suara senjata pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1909 oleh Hiram Maxim, putra dari penemu senapan mesin praktis pertama.  

 Hiram Stevens Maxim
Lahir: 5-Feb-1840
Tempat lahir: Sangerville, ME
Meninggal: 24-Nov-1.916
Lokasi kematian: London, Inggris
Penyebab kematian: -
Remains: Buried, West Norwood Cemetery, London, Inggris
Jenis kelamin: Pria
Ras atau Etnis: Putih
Pekerjaan: Inventor
Kebangsaan: Inggris
Ringkasan Eksekutif: senapan mesin Maxim



Dia secara dramatis meningkatkan desain nya pada tahun 1910 dan menjadi populer di kalangan silencer penembak olahraga penembak

Catatan sejarah pertama dari penggunaan peredam oleh militer adalah sebuah ekspedisi oleh Black Jack Pershing dalam usahanya untuk menangkap Poncho Villa. Dia dilaporkan membawa dua M-1.903 senapan Springfield dilengkapi dengan peredam Maxim


Ada juga bukti bahwa beberapa senapan Springfield dengan menggunakan perendam suara telah digunakan dalam PD I, namun sifat perang parit tidak memberikan keuntungan yang signifikan terhadap penggunaan peredam suara.

Senjata Pistol Standar Tinggi HDM pada WW II
Kemajuan paling signifikan dalam penggunaan senjata perendam suara berada di Perang Dunia II. Beberapa desain senjata terkenal dikembangkan dan digunakan oleh sekutu dalam konflik ini. Salah satu yang paling terkenal dan paling populer adalah Standar Tinggi HDM. Pistol ini dikembangkan untuk Office of Strategic Services (OSS) dan digunakan di  WW II

  Pistol HDM. Foto milik Jay J. Quilligan, MD dari Quicksilver Manufacturing LLC


Hal ini didasarkan pada pistol kaliber .22 Standar Tinggi, dilengkapi dengan peredam suara integral, 7,75 inci panjang dan satu inci diameter. Pistol memiliki barel porting dikelilingi oleh wire mesh, di depan laras adalah serangkaian baffle wire mesh. Tingkat penekanan suara berada di lebih dari 20 desibel, yang cukup baik untuk masa itu.


Pistol itu seperti senjata yang efektif untuk operasi rahasia yang digunakan secara luas oleh Central Intelligence Agency (CIA) setelah Perang Dunia II dan juga oleh tentara di Vietnam

 Senjata Pistol Perendam Suara Buatan Inggris



Pistol Inggris Welrod. Photo courtesy Jay J. Quilligan, MD of Quicksilver Manufacturing LLC


Desain penting berikutnya keluar dari Inggris. Ini adalah pistol perendam suara Welrod, terutama digunakan oleh Inggris, tetapi juga digunakan oleh OSS Amerika. Welrod 9mm diproduksi . Belakang pegangan pistol ada alat tubular 1,25 inci dengan diameter dan dua belas inci panjang. Bagian belakang terdapat aparat baut dan menembak. Pertengahan-Bagian terkandung barel porting sementara depan tabung berisi baffle dan tisu.

Welrod itu  adalah senjata yang paling populer pada jamannya, tetapi memiliki jangkauan efektif terbatas 25 meter.

Setelah Welrod, di negara-negara AS, Inggris, dan lainnya, model pistol banyak digunakan untuk operasi rahasia dengan peredam suara yang dirancang untuk mencocokkan profil misi mereka.

 Senjata Perendam Suara Buatan German
Tentara Jerman membuat perendam suara untuk pistol 9mm SteyrLuger P-08 dan P-38 Walther. Ini digunakan oleh patroli malam dan evaluasi dari peperangan Front Timur

Luger Model P-38 9mm Automatic Pistol.

Pihak Jerman juga membuatkan perendam suara untuk 98 senapan sniper mereka Mauser, yang cukup efektif menyembunyikan sumber tembakan tanpa mengganggu dengan kecepatan atau ketepatan.

Senjata Perendam Suara pada senjata Serang jauh dan dekat
Untuk senjata perendam suara  dengan jangkauan yang lebih panjang, yang Carbine Delisle di .45 ACP, atau Sten Mark IIS dan senapan mesin ringan VIS digunakan.  



 DeLisle Carbine. Photo courtesy Jay J. Quilligan, MD of Quicksilver Manufacturing LLC


The carbine Delisle diproduksi menggunakan Enfield bolt penerima aksi dilengkapi dengan laras senapan mesin ringan Thompson dimodifikasi dan popor senjata  baik yang akan menerima dimodifikasi M-1911 .45 . Peredam yang digunakan serangkaian baffle melekat pada batang untuk menjaga keselarasan mereka.


Lubang dari peredam itu eksentrik arah atas dari tabung peredam, mirip dengan desain Maxim.

The Sten Mark IIS dan Mark VIS dimasukkan penekan terpisahkan, yang pada dasarnya diperpanjang panjang dari pistol Sten sudah tubular. Penekan yang dilengkapi dengan penutup kulit karena panas.  


Sumber : Berbagai sumber


No comments: